merupakan organ yang sangat penting bagi kelangsungan hidup yang memiliki lebih dari 500 fungsi, termasuk menetralkan tubuh dari zat-zat berbahaya yang masuk dari luar tubuh maupun yang terbentuk di dalam tubuh akan di buang ke hati bersama-sama cairan empedu menuju usus, mengontrol penggumapalan darah serta mengahasilkan empedu untuk menguraikan lemak menjadi asam lemak pada proses pencernaan, selain itu fungsi hati adalah sebagai tempat pembentukan plasma darah dan zat pembeku darah sebagai tempat penyimpanan zat-zat mineral, seperti besi, kalium, dan tembaga, penyimpanan cadangan air, tempat pembakaran gula dan pembentukan kolestrol.
merupakan kelenjar terbesar dalam tubuh dan terletak di bagian kanan atas perut yang terdiri atas dua bagian, lobus kiri dan lobus kanan. Lobus kanan lebih besar sekitar 65% dari total volume . Organ memiliki kelebihan tersendiri dibanding dengan organ lainya karena organ adalah satu-satunya organ dalam tubuh yang dapat memperbaharui diri sendiri oleh sebab itu, bila sebagian di angkat maka dalam waktu yang relatif tidak lama (sekitar 2 minggu) dapat kembali ke ukuran asalnya karena sendiri terdiri atas sel-sel kecil yang disebut hepatosit yang berfungsi memproduksi sel-sel baru dalam waktu yang cepat.
Gejala Penyakit
Berikut ini adalah gejala penyakit yang biasa dialami dan terlihat pada penderita penyakit , diantaranya:
  1. Kulit dan selaput putih mata yang mungkin akan berubah warna menjadi kuning, gejala ini bisa dikenal sebagai penyakit kuning. Warna kuning timbul disebabkan oleh cairan empedu yang berlebihan kadarnya dalam darah
  2. Sering muntah dan kehilangan selera makan
  3. Mudah depresi
  4. Sering merasakan nyeri pada bagian kanan atas perut
  5. Badan gampang lelah dan terasa sakit
  6. Urin berwarna cokelat pekat seperti teh
  7. Warna tinja/faces pucat
  8. Kehilangan berat badan dengan cepat
  9. Kadar gula darah rendah (Hipoglikemia)
  10. Gairah seks menurun
  11. Terjadinya pembesaran pada pembuluh vena(varises)


Similar Threads: