Aparat Subdit Resmob Polda Metro Jaya menyita ratusan pucuk senjata airsoft gun ilegal berbagai merek. Senjata tersebut disita dari dua pedagang di Apartemen Gading Permai, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"Para tersangka memperjualbelikan senjata jenis airsoft gun tanpa izin dari Mabes Polri," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/10/2012).

Keduanya, berinisial D alias J dan AG, dikenakan Pasal 1 ayat (1) UU Darurat No 12 Tahun 1951 tentang kepemilikan senjata api dan bahan peledak dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.
Kedua tersangka ditangkap petugas pada tanggal 16 Oktober 2012 pukul 10.30 WIB. Bermula dari penyelidikan polisi mengenai informasi adanya transaksi jual beli senjata airsoft gun di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Petugas kemudian menangkap D yang saat itu membawa 3 pucuk senjata berikut magazen dan peluru gotri dalam kantong plastik. Pengakuannya, senjata itu akan dijual kepada orang lain.

Petugas kemudian menyita 127 pucuk senjata airsoft gun berikut gotri dan magazen di rumah tersangka di Jl Kopyor Barat II CG 2 No 15 Kelurahan Kelapa Gading Timur, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

"Pengakuannya ia membeli senjata itu dari tersangka AG dan RST serta J," katanya.

Petugas kemudian menangkap AG di Kelapa Gading Utara pada siang harinya. Dari AG, petugas menyita barang bukti air soft gun sebanyak 21 pucuk.

Sementara itu Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan mengatakan bahwa pengungkapan senjata api airsoft gun itu berawal dari beberapa kasus kriminalitas seperti penembakan halte busway dan juga kejahatan pencurian dengan kekerasan.

"Beberapa waktu lalu terjadi penembakan halte busway di 12 titik dan semuanya ditembak dengan menggunakan senjata airsoft gun," kata Herry dalam kesempatan yang sama.

Tidak hanya itu, airsoft gun juga digunakan pelaku kejahatan pencurian dengan kekerasan. Senjata airsoft gun ini digunakan untuk mengancam korban sehingga menimbulkan efek ketakutan pada korban.

"Seperti kasus pencurian mobil CRV di Tanah Abang beberapa waktu lalu juga menggunakan senjata airsoft gun," kata Herry lagi.

Petugas menyita berbagai jenis senjata air soft gun yang mirip dengan senjata api jenis glock, senjata laras panjang, colt detective, walther M92, SW 40F dan lainnya.

Similar Threads: