Walikota Surakarta Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi menjadi salah satu calon gubernur di Pilgub DKI Jakarta. Di hari pemungutan suara ini, Pemkot Surakarta adem ayem seperti biasanya. Sedangkan di Kantor DPC PDIP Surakarta, kader partai tersebut mengadakan nonton bareng tayangan televisi terkait pelaksanaan Pilgub DKI.

Di Balaikota Surakarta tidak ada aktivitas apapun yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilgub DKI. Semenjak pagi, semua pegawai bekerja seperti biasanya. Sejumlah tamu yang datang juga ke balaikota juga mendapat pelayanan seperti biasa.

"Kami bekerja seperti biasa, melayani warga Surakarta. Bahwa Pak Jokowi menjadi salah satu cagub di Jakarta itu merupakan hak pribadi beliau yang tidak ada kaitannya dengan Pemkot Surakarta," ujar Wakil Walikota Surakarta, Hadi Rudyatmo, Rabu (11/7/2012).

Namun Rudy yang juga Ketua DPC PDIP Kota Surakarta mengatakan kader-kader PDIP di Solo mengadakan serangkaian acara terkait pencalonan Jokowi dalam Pilgub DKI. Hal itu dilakukan sehubungan kapasitas Jokowi sebagai kader PDIP asal Solo yang juga fungsionaris DPD PDIP Jawa Tengah.

"Di kantor DPC PDIP Kota Surakarta tadi malam ada acara tirakatan dan doa bersama untuk kemenangan Pak Jokowi. Siang ini juga ada acara nonton bersama untuk memantau perkembangan perolehan suara di Pilgub DKI melalui tayangan televisi. Acara itu dilakukan kader PDIP untuk mendukung salah satu kader terbaik partai yang sedang mendapat tugas kepartaian," ujar Rudy.

Sementara itu, di rumah pribadi Jokowi di Kelurahan Sumber, Banjarsari, Solo, tidak ada aktivitas menyolok. Ketika wartawan datang ke rumah tersebut, hanya didapati salah satu adik kandung Jokowi, Iin, yang sudah siap akan meninggalkan rumah dan mengaku akan ke Yogyakarta untuk acara pribadi.

Sedangkan di rumah dinas Jokowi yaitu Loji Gandrung di Jalan Slamet Riyadi, Solo, juga terlihat lengang. Hanya terlihat beberapa Satpol PP yang melakukan penjagaan dan beberapa pegawai. Istri dan anak-anak Jokowi juga tidak terlihat berada di tempat itu. Pegawai di Loji Gandrung tidak bersedia memberitahu keberadaan keluarga Jokowi. Ada informasi yang menyebutkan saat ini seluruh keluarga Jokowi sudah berada di Jakarta untuk mendampingi Jokowi.



Similar Threads: