Ikan Hiu TerbesarPanama menjadi rumah bagi makhluk bergigi besar disebut Megalodon, ikan hiu terbesar di dunia dengan bobot lebih berat daripada hiu putih besar.

Carcharodon Megalodon alias Megalodon menurut bangsa yunani artinya gigi besar, megalodon itu sebutan buat hiu raksasa yang konon hidup di masa prasejarah kira-kira 1,5 juta taun yang lalu.

Paleontologis menyimpulkan kalo megalodon itu predator terbesar dan terkuat sepanjang sejarah. Dengan panjang sekitar 20 meter, megalodon bisa ngebalik kapal ukuran sedang cuma pake senggolan. Karekteristiknya ga beda jauh ma hiu, megalodon juga disebut rajanya hiu.. konon megalodon bisa memangsa tyranosaurus.
Ilmuwan swiss, Louis Agassiz yang ngasih nama megalodon ke hiu ini pada 1835. Megalodon sendiri kependekan dari carcharodon megalodon. Dia yang nemuin kalo fosil gigi megalodon sama persis sama hiu putih jaman sekarang. Fosil giginya megalodon kira-kira sepanjang 18 cm (7,1 inci) dan gigitannya 10 kali lebih kuat dibanding hiu putih, bayangin deh kalo kegigit.. Hii..

Oia, katanya sebelum megalodon ditemukan orang jaman dulu ngira kalo gigi megalodon itu gigi monster ato gigi naga.

Fosil megalodon ditemuin di tempat-tempat yang berbeda, di amerika utara, selatan, selandia baru, jepang, afrika, malta dan india. Fosilnya utuhnya belum pernah ditemuin, fosil-fosil yang ada sekarang cuma rekontruksi dari tulang belulang hiu putih. Louis Agassiz sendiri baru berhasil merekontruksi fosil megalodon pada 1843.
Ukuran megalodon jauh melebihi ikan hiu paus (whale shark), ikan terbesar di dunia yang hidup di masa sekarang, yang panjangnya hanya mencapai 15 m, namun tetap lebih kecil dari binatang terbesar di dunia, yaitu ikan paus biru yang panjangnya mencapai 33 M.

Makanan megalodon adalah ikan paus, lumba lumba, penyu dan binatang laut lainnya. Kekuatan giginya yang dapat menghancurkan cangkang penyu dengan mudahnya. Ikan hiu terbesar ini adalah pemangsa terbaik yang pernah ada , didukung oleh kekuatan, kecepatan dan giginya.

Salah satu penyebab kepunahannya diduga adalah berkurangnya populasi paus yang merupakan makanan utama hiu terbesar ini. Ada juga yang menduga megalodon tidak mampu bertahan hidup pada jaman es (ice age)



Lihat Juga Artikel Menarik Lainnya Di Sini...
5 Pekerjaan Berbahaya



Kunjungi Info Menarik
Lainnya ===>> The Lounge
Jangan Lupa Tinggalin Comment Ya


Similar Threads: