Pemerintah Denmark tengah menyiapkan dokumen untuk mengklaim kepemilikan atas Kutub Utara, wilayah beku yang jarang terjamah tangan manusia. Keinginan Denmark memiliki Kutub Utara lantaran daerah ini ternyata menyimpan potensi besar di tengah pemanasan global.

Kutub Utara
Dokumen rencana pemerintah Denmark ini bocor di sebuah radio lokal dan menyebar di internet. Dilansir dari laman Telegraph, Rabu, 18 Mei 2011, dokumen bernama "Strategi untuk Antartika" itu berisi rencana Kementerian Iptek Denmark untuk mengakui beberapa wilayah di Kutub Utara sebelum 2014.

Pada dokumen setebal 34 halaman tersebut dikatakan bahwa lima wilayah di Kutub Utara, termasuk di sekitar pulau Faeroe, Greenland dan bahkan Kutub Utara itu sendiri akan diklaim oleh Denmark. Diduga, empat dari lima wilayah tersebut memiliki kandungan minyak dan gas alam.

Martin Breum, seorang jurnalis yang mencermati masalah ini mengatakan bahwa pemerintah Denmark sudah sejak lama mengeksplorasi daerah di pinggiran Greenland. Namun, ujarnya, baru kali ini secara terang-terangan Denmark mengatakan akan mengklaim Greenland.

Untuk dapat sukses mengakui Kutub Utara, Denmark terlebih dulu harus membuktikan bahwa daerah itu secara geologis terhubung dengan bagian Greenland yang dimiliki Denmark. Greenland adalah sebuah wilayah semi-otonom yang dimiliki oleh Denmark, Rusia, Norwegia, Kanada dan Amerika Serikat. Diduga di daerah ini tersimpan 25 persen cadangan minyak bumi dan gas.

Wilayah Kutub Utara mulai terlihat potensinya ketika pemanasan global yang mencairkan es terjadi. Jalur perhubungan laut yang baru mulai terlihat, wilayah tersebut juga kaya akan ikan untuk tangkapan nelayan, serta potensi kekayaan bawah tanah lainnya.


Lihat Juga Berita Menarik Lainnya Di Sini...












Berita Unik Dan Menark Lainnya Di Sini ===>>>



Similar Threads: