SETIAP pelamar kerja tentu ingin berhasil menakhlukkan proses wawancara dan mendapatkan pekerjaan idamannya. Selain persiapan awal seperti CV dan berlatih, ada sejumlah ritual penting yang sebaiknya tidak Anda lewatkan sebelum wawancara.

Wawancara

Persiapkan kebutuhan wawancara Anda sejak jauh-jauh hari, seperti setelan formal, sepatu, dan sebagainya agar tampil prima di hari yagn menentukan itu. Selain itu, simak sejumlah persiapan berikut ini seperti dikutip situs askmen.com:

Rapikan rambut
Luangkan waktu ke salon untuk memangkas atau sekadar merapikan rambut. Bagaimana pun, penampilan fisik merupakan hal pertama yang akan dinilai pewawancara ketika bertemu Anda. Pergi ke salon sepekan sebelum hari wawancara, menyisakan cukup waktu bagi Anda untuk mengubah model rambut jika tidak menyukai model sebelumnya.

Cek transportasi
Sehari sebelum wawancara, lakukan pengecekan jalur dan pilihan transportasi terbaik menuju tempat wawancara. Jangan lupa menghitung waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai di tempat tujuan, agar dapat memprediksikan lama perjalanan di keesokan harinya.

Jika mungkin, cobalah berangkat tepat pada waktu yang sama dengan yang Anda rencanakan untuk pergi keesokan harinya. Dengan demikian, Anda bisa turut memperhitungkan faktor-faktor penghambat seperti kondisi lalu lintas dan ketersediaan transportasi umum. Jika Anda mengendarai kendaraan pribadi, pastikan untuk mengisih penuh bahan bakar dalam perjalanan pulang.

Latihan terakhir
Luangkan waktu pada malam sebelum wawancara untuk berlatih di depan cermin. Baca poin-poin penting percakapan Anda, dan praktikkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diajukan. Perhatikan nada suara dan bahasa tubuh Anda. Pastikan untuk mempertahankan kontak mata dengan pewawancara.

Siapkan busana
Putuskan setelan apa yang akan Anda kenakan untuk wawancara satu hari sebelumnya. Pikirkan karakteristik perusahaan yang Anda lamar, dan seperti apa dress code mereka.

Jika Anda sudah pernah berkunjung ke kantor tersebut sebelumnya, ingat-ingat bagaimana cara berbusana para karyawannya. Sesuaikan busana yang akan Anda kenakan di hari wawancara, dengan gaya berbusana di perusahaan itu.

Jernihkan pikiran
Stres memikirkan wawancara kerja hanya akan menghabiskan energi Anda. Lebih baik, manfaatkan waktu yang tersisa pada keesokan paginya untuk menikmati sarapan sehat bersama teman, atau berlatih ringan di pusat kebugaran (jika sempat). Lakukan kegiatan yang mampu membuat Anda rileks dan tidak tegang, sampai tiba waktu yang ditentukan untuk wawancara.


Lihat Juga Artikel Menarik Lainnya Di Sini...














Kunjungi Info Menarik
Lainnya ===>>



Similar Threads: